EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Media pembelajaran adalah alat yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Dalam memilih media pembelajaran, kita terkadang asal memilih dan menggunakannya begitu saja tanpa kita tahu apakah media yang kita gunakan sudah sesuai atau tidak dengan tujuan pembelajaran. Dan untuk mengetahui apakah media pembelajaran itu sudah efektif atau tidak, kita harus melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap media tersebut. Oleh karena itu, dalam makalah kami akan dijelaskan tentang evaluasi media pembelajaran yang mungkin bisa membantu untuk mengetahui apakah media pembelajaran tersebut sudah layak atau tidak jika digunakan dalam proses pembelajaran.

B. Rumusan Masalah
1. Apakah Tujuan Evaluasi Media Pembelajaran?
2. Apa Ciri-Ciri Efektif Media Pembelajaran?
3. Bagaimanakah Cara mengevaluasi Media Pembelajaran?
4. Apakah Kriteria Evaluasi Media Pembelajaran?

C. Tujuan Pembahasan
1. Mengetahui Tujuan Evaluasi Media Pembelajaran
2. Mengetahui Ciri-Ciri Efektif Media Pembelajaran
3. Mengetahui Cara mengevaluasi Media Pembelajaran
4. Mengetahui kriteria Evaluasi Media Pembelajaran

BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Tujuan Evaluasi Media Pembelajaran
Evaluasi media pembelajaran adalah suatu proses untuk mengetahui apakah media yang digunakan dalam belajar-mengajar itu telah mencapai tujuan atau tidak.

Tujuan evaluasi media pembelajaran antara lain :
a. Menentukan apakah media pembelajaran itu efektif.
b. Menentukan apakah media itu dapat diperbaiki atau ditingkatkan.
c. Menetapkan apakah media itu cost-effective dilihat dari hasil belajar siswa.
d. Memilih media pembelajaran yang sesuai untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.
e. Menentukan apakah isi pelajaran sudah tepat disajikan dengan media itu.
f. Menilai kemampuan guru menggunakan media pembelajaran.
g. Mengetahui apakah media pembelajaran tersebut benar-benar memberi sumbangan terhadap hasil belajar seperti yang dinyatakan.
h. Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran

B. Ciri-Ciri Efektif Media Pembelajaran
Media pembelajaran bisa dikatakan efektif jika telah memenuhi beberapa ciri.
Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai ciri-ciri keefektifan media pembelajaran diantaranya adalah:
a. Ketepatan media pembelajaran dengan tujuan pengajaran, artinya media pembelajaran harus sesuai dengan dasar tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

b. Dukungan media pembelajaran terhadap isi bahan pelajaran, artinya media dapat mendukung dan membantu bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi agar lebih mudah dipahami siswa.

c. Kemudahan dalam memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah diperoleh.

d. Keterampilan guru dalam menggunakan, apapun jenis medianya, syarat utama yang diperlukan adalah guru dapat menggunakannya dalam proses pengajaran.

e. Tersedia waktu untuk menggunakannya, artinya media yang digunakan tersedia cukup waktu atau tidak dalam menggunakannya.

f. Sesuai dengan taraf berpikir siswa, artinya media yang digunakan sesuai atau tidak dengan kemampuan/taraf berpikir siswa, karena dalam menggunakan media harus disesuaikan dengan kelas dan jenjang pendidikan siwa.

Sedangkan menurut Azhar Arsyad, media pembelajaran bisa dikatakan efektif jika:
a. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
b. Tepat untuk mendukung isi pelajaran
c. Praktis, luwes, dan tahan
d. Guru terampil menggunakannya
e. Pengelompokan sasaran
f. Mutu teknis

C. Cara Mengevaluasi Media Pembelajaran
Cara yang dapat digunakan dalam mengevaluasi media adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
a) Evaluasi formatif
Adalah suatu proses untuk mengumpulkan data tentang aktivitas dan efisiensi penggunaan media yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Data yang diperoleh akan digunakan untuk mempebaiki dan menyempurnakan media yang bersangkutan agar dapat digunakan lebih efektif dan efisien. Setelah diperbaiki dan disempurnakan, kemudian diteliti kembali apakah media tersebut layak digunakan atau tidak dalam situasi-situasi tertentu. Evaluasi semacam inilah yang disebut dengan evaluasi formatif.

b) Evaluasi sumatif
Ada tiga tahapan dalam evaluasi sumatif, yaitu:
1) Evaluasi satu lawan satu (one to one)
2) Evaluasi kelompok kecil (small group evaluation)
3) Evaluasi lapangan (field evaluation)

Pada tahapan evaluasi satu lawan satu (one to one), dipilih dua orang atau lebih yang dapat mewakili populasi dari target media yang dibuat media disajikan kepada siswa secara individual. Kedua orang yang dipilih tersebut satu diantaranya mempunyai kemampuan dibawah rata-rata, dan yang satunya lagi diatas rata-rata. Prosedur pelaksanaannya sebagai berikut adalah:
1. Jelaskan kepada siswa bahwa anda seorang merancang media baru. Amati reaksi mereka terhadap media yang dibuat/ditampilkan tersebut.
2. Katakan kepada siswa bahwa kalau terjadi kesalahaan penggunaan media tersebut, bukanlah karena kekurangan siswa tetapi karena kelemahan media tersebut yang perlu diperbaiki dan disempurnakan.
3. Usahakan agar siswa bersifat santai dan bebas mengemukakan pendapat mereka mengenai media yang ditampilkan tersebut.
4. Lakukan tes awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pengetahuan siswa terhadap penggunaan media tersebut.
5. Catat lamanya waktu yang digunakan dalam penyajian media tersebut dan catat pula reaksi siswa terhadap penampilan media tersebut.
6. Berikan tes yang mengukur keberhasilan penggunaan media tersebut.
7. Lakukan analisis terhadap informasi yang terkumpul.

Setelah prosedur diatas dilakukan, maka akan diperoleh beberapa informasi seperti kesalahan pemilihan kata atau uraian yang kurang jelas, kesalahan memilih lambang-lambang visual, contoh yang kurang, terlalu banyak atau terlalu sedikit materi yang disajikan, urutan penyajian yang keliru, pertanyaan atau petunjuk yang kurang jelas, tujuan yang tidak sesuai dengan materi, dan sebagainya.

Selanjutnya evaluasi kelompok kecil dilakukan kepada 10-20 orang siswa yang dapat mewakili populasi target. Siswa yang dipilih tersebut hendaknya dapat mewakili populasi. Usahakan siswa yang dipilih tersebut terdiri dari siswa-siswa yang kurang pandai, sedang, dan yang pandai, terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan yang terdiri dari berbagai latar belakang (latar belakang pendidikan sosial orang tua, dan sebagainya).

Untuk itu ada beberapa prosedur yang harus ditempuh, antara lain:
1. Jelaskan bahwa media tersebut pada tahap formatif dan memerlukan umpan balik untuk penyempurnaannya.
2. Berikut tes awal (pretest) untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan siswa tentang topik yang berkenaan dengan menggunakan media.
3. Tugaskan kepada siswa untuk mempelajari media tersebut.
4. Catat waktu dan umpan balik selama penyajian media.
5. Berikan tes untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang ditetapkan dapat tercapai (postes).
6. Bagikan angket kepada siswa untuk mengetahui menarik tidaknya media yang digunakan, mengerti tidaknya siswa terhadap pesan yang disampaikan oleh media tersebut, konsistensi tujuan dan materi, dan cukup tidaknya latihan yang dilakukan.
7. Lakukan analisa terhadap data-data yang terkumpul.

Berikutnya evaluasi lapangan (field evaluation) merupakan tahap akhir dari evaluasi formatif. Untuk itu diusahakan situasi yang mirip dengan situasi yang sebenarnya. Dalam pelaksanaannya dipilih 30 orang siswa dengan berbagai karakteristik yang meliputi tingkat kepandaian kelas, latar belakang, jenis kelamin, usia, kemajuan belajar, dan sebagainya. Usahakan agar dihindari dari pengaruh efek halo (hallo effect). Pada situasi semacam ini informasi yang diperoleh banyak dipengaruhi oleh sifat kebetulan sehingga hasilnya kurang dapat dipercaya.

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan dalam pelaksanaannya, sebagai berikut:
1. Pilih siswa sebayak 30 orang yang betul-betul mewakili populasi.
2. Jelaskan kepada siswa maksud uji coba lapangan dan hasil akhir yang diharapkan. Usahakan siswa bersifat relaks/santai dan berani mengeluarkan pendapat atau penilaian. Ingatkan kepada mereka bahwa uji coba bukan menguji kemapuan mereka.
3. Berikan tes awal untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan mereka mengenai topik yang menggunakan media tersebut.
4. Sajikan media yang sesuai dengan rencana pembuatannya.
5. Catat semua respon yang muncul dan waktu yang diperlukan dari siswa selama penyajian.
6. Lakukan postes (tes akhir) untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa setelah penyajian media tersebut. Hasil tes akhir dibandingkan dengan tes awal yang digunakan untuk mengetahui efektivitas dan efesiensi media yang dibuat tersebut.
7. Edarkan tes skala sikap kepada siswa yang dipilih tersebut untuk mengetahui sikap mereka terhadap media yang digunakan.
8. Lakukan analisa terhadap data yang diperoleh melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan, terutama mengenai keampuan awal pretes, skor tes awal dan tes akhir, waktu yang diperlukan, perbaikan dari bagian-bagian yang sulit, pengajaran serta kecepatan sajian dan sebagainya.

D. Kriteria Evaluasi Media Pembelajaran
Beberapa kriteria dalam mengevaluasi media pembelajaran yang perlu diperhatikan antara lain adalah:
a. Relevan dengan tujuan pendidikan atau pembelajaran
b. Persesuain dengan waktu, tempat, alat-alat yang tersedia, dan tugas pendidik
c. Persesuaian dengan jenis kegiatan yang tercakup dalam pendidikan
d. Menarik perhatian peserta didik
e. Maksud dan tujuan dari media pembelajaran harus dapat dipahami oleh peserta didik
f. Sesuai dengan kecakapan dan pribadi pendidik yang bersangkutan
g. Kesesuaian dengan pengalaman atau tingkat belajar yang dirumuskan dalam silabus
h. Keaktualan (tidak ketinggalan zaman)
i. Cakupan isi materi atau pesan yang ingin disampaikan
j. Skala dan ukuran
k. bebas dari bias ras, suku, gender

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1. Tujuan Evaluasi Media Pembelajaran
Tujuan evaluasi media pembelajaran antara lain :
a. Menentukan apakah media pembelajaran itu efektif.
b. Menentukan apakah media itu dapat diperbaiki atau ditingkatkan.
c. Menetapkan apakah media itu cost-effective dilihat dari hasil belajar siswa.
d. Memilih media pembelajaran yang sesuai untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.
e. Menentukan apakah isi pelajaran sudah tepat disajikan dengan media itu.
f. Menilai kemampuan guru menggunakan media pembelajaran.
g. Mengetahui apakah media pembelajaran tersebut benar-benar memberi sumbangan terhadap hasil belajar seperti yang dinyatakan.
h. Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran

2. Ciri-Ciri Efektif Media Pembelajaran
Ciri-ciri efektif media pembelajaran antara lain adalah:
a. Ketepatan media pembelajaran
b. Dukungan media pembelajaran terhadap isi bahan pelajaran
c. Kemudahan dalam memperoleh media
d. Keterampilan guru dalam menggunakan
e. Tersedia waktu untuk menggunakannya
f. Sesuai dengan taraf berpikir siswa

3. Cara Mengevaluasi Media Pembelajaran
Cara yang dapat digunakan dalam mengevaluasi media adalah:
a) Evaluasi formatif
b) Evaluasi sumatif
Ada tiga tahapan dalam evaluasi sumatif, yaitu:
1) Evaluasi satu lawan satu (one to one)
2) Evaluasi kelompok kecil (small group evaluation)
3) Evaluasi lapangan (field evaluation)

4. Kriteria Evaluasi Media Pembelajaran
Kriteria evaluasi media pembelajaran antara lain adalah:
a. Relevan dengan tujuan pendidikan atau pembelajaran
b. Persesuain dengan waktu, tempat, alat-alat yang tersedia, dan tugas pendidik
c. Persesuaian dengan jenis kegiatan yang tercakup dalam pendidikan
d. Menarik perhatian peserta didik
e. Maksud dan tujuan dari media pembelajaran harus dapat dipahami oleh peserta didik
f. Sesuai dengan kecakapan dan pribadi pendidik yang bersangkutan
g. Kesesuaian dengan pengalaman atau tingkat belajar yang dirumuskan dalam silabus
h. Keaktualan (tidak ketinggalan zaman)
i. Cakupan isi materi atau pesan yang ingin disampaikan
j. Skala dan ukuran
k. bebas dari bias ras, suku, gender

DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006)
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung : CV Sinar Baru, 1990)
Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997)
Sadiman, Arief S. ,Media Pendidikan, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006)
Usman, M. Basyiruddin-Asnawir, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
http://dibustom.wordpress.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s